Sebagai pembelajaran dan latihan dasar macromedia flash dalam kegiatan ekstrakurikuler komputer, berikut ini langkah-langkah sederhana untuk membuat animasi berbasis flash yakni animasi gelombang.
Diharapkan setelah mengikuti panduan sederhana berikut, peserta didik dapat lebih memahami dasar-dasar macromedia flash dan mengembangkan kreatifitas terutama dalam bidang animasi.
1. Buka program flash 8 dan ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels serta ganti background menjadi warna hitam
Diharapkan setelah mengikuti panduan sederhana berikut, peserta didik dapat lebih memahami dasar-dasar macromedia flash dan mengembangkan kreatifitas terutama dalam bidang animasi.
1. Buka program flash 8 dan ubah ukuran stage menjadi 768 x 576 pixels serta ganti background menjadi warna hitam
2. Ganti warna fill color menjad #336699
dan warna stroke menjadi none
3. Klik rectangle tool untuk membuat airnya dengan mendragnya ke stage seperti gambar dibawah ini
4. Klik kanan di frame 15 lalu klik insert keyframe, ubah gambar airnya dengan cara tarik ke atas menggunakan selection tool yang sebelah kiri. gambarnya seperti dibawah
5. Klik di frame 1 lalu pilih tween shape
6. Di frame 35 klik kanan lalu insert keyframe, ubah gambarnya seperti berikut :
7. Klik di frame 15 lalu pilih tween shape
8. Lalu copy frame 1, caranya klik kanan pada frame 1 dan pilih copy frames kemudian pastekan di frame 60
9. Klik di frame 35 pilih tween shape seperti gambar dibawah
10. Tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar